Skip to content

Lindungi dan Pelihara Kekayaan Alam

15 February 2009

Light ocean” LINDUNGI DAN PELIHARA KEKAYAAN LAUT”
Laut dan isinya merupakan kebutuhan manusia yang tidak terpisahkan terlebih khusus ikan dan terumbu karang.Jadi kita sebagai manusia wajib untuk menjaga dan melindungi dari ancaman atau gangguan baik dari alam itu sendiri maupun dari kita manusia.
Masyarakat khususnya nelayan dalam menangkap ikan tidak hanya dilakukan secara tradisional, namun banyak juga yang menggunakan bahan peledak. Cara-cara seperti itu tentunya sangat berbahaya dan merusak kelangsungan hidup biota yang ada di lingkungan alam laut. Karena itu perlu adanya kesadaran dari masyarakat seperti tidak membuang limbah kelaut,menangkap ikan dengan menggunakan bom,menggunakan pukat harimau ataupun suatu tindakan yang mengancam ekosystem dilaut dan sebagainya.Cara-cara yang merusak dalam menangkap ikan atau mengambil kekayaan alam laut lainya perlu diminimalisir. Kalau perlu ada tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang melakukan pengrusakan tersebut.
keanekaragaman biota laut merupakan potensi daerah yang sangat menjanjikan untuk kelangsungan hidup secara berkesinambungan. Tak terkecuali kelangsungan hidup generasi yang akan datang,karena kekayaan alam laut tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dari zaman berganti zaman.Hanya saja, kekayaan alam laut ini perlu dijaga,sehingga tidak mengalami kepunahan bahkan habis dalam jangka waktu tertentu.
Bagi para nelayan dihimbau untuk tidak menggunakan bahan peledak.Di Indonesia hukuman bagi para pelanggar tersebut bisa diancam kurungan 20 tahun penjara, bahkan seumur hidup. Hal itu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Darurat Nomor 20 Tahun 1951 tentang kepemilikan bahan peledak dan senjata api illegal.Juga bagi nelayan yang menggunakan bahan peledak saat mencari ikan bisa dikenai ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda 200 juta , sesuai dengan Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem Tahun 1990 Pasal 40.Serta bagi pembawa bom dan meledak,lalu menimbulkan korban jiwa,maka pelaku dijerat Pasal 187 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara

Penulis : Michael.R

4 Comments leave one →
  1. Sam Lapian permalink
    27 May 2012 7:15 am

    My beautiful Indonesia… and Minahasa Islands are the awesome places in the world. Salam semua dari Sam Lapian di Belanda

    • 1 March 2013 11:29 am

      Thank’s Sam atas koment anda salam juga buat keluarga tp sorry baru di balas

  2. Yuko permalink
    16 February 2009 12:08 pm

    yoidesu ne….
    Gambate……

    • 1 March 2013 12:17 pm

      Arigatou gosaimasu !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: